Sabtu, 05 Mei 2012

Wawancara adalah tanya jawab dengan seseorang yang diperlukan untuk dimintai keterangan atau pendapatnya tentang suatu hal. Dalam wawancara, narasumber menjawab semua pertanyaan yang diajukan.
Anda dapat mengetahui isi wawancara dengan cara menyimak dan mencatat isi pokok pembicaraan dalam  

wawancara. Cara mencatat isi pokok pembicaraan dalam wawancara sebagai berikut.
1. Menyimak wawancara dengan saksama dari awal hingga akhir.
2. Mencatat orang yang melakukan wawancara baik pewawancara maupun narasumber.
3. Mencatat isi pokok pembicaraan dalam wawancara seperti berikut.
a. Apa yang dibicarakan atau masalah yang dibahas dalam wawancara.
b. Tanggapan atau pendapat narasumber.
Tanggapan narasumber dapat berupa pendapat tentang penyebab masalah dan penanggulangan masalah yang dibahas dalam wawancara. Isi pokok wawancara dapat disatukan menjadi rangkuman. Isi pokok wawancara yang telah Anda rangkum dapat diungkapkan kepada orang lain. Caranya, ungkapkan rangkuman pokok wawancara dengan bahasa yang jelas.


Wawancara merupakan tanya jawab dengan seseorang yang diperlukan untuk dimintai keterangan atau pendapat mengenai suatu hal. Dalam wawancara narasumber menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dan memberikan gagasan-gagasan yang berkaitan dengan pokok permasalahan yang dibahas. Bagaimana cara Anda mengetahui isi pembicaraan dalam wawancara?

Isi Wawancara

Anda dapat mengetahui isi pembicaraan dalam wawancara dengan menyimak dan mencatat pokok-pokok pembicaraan wawancara tersebut. Cara mengetahui pokok-pokok pembicaraan tersebut dengan menyimpulkan setiap pertanyaan beserta jawaban yang diajukan pewawancara dalam beberapa kalimat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar